Back to browse | Visualization | Pencarian baru | Cite | Tambah pada daftar | Tanya pustakawan / Saran | Bantuan

Jazz, Perfume & the Incidents

Pada tanggal 12 Nopember 1991, operasi militer melepaskan tembakan terhadap para protestor di Dili, ibukota Timor Timur. Ratusan orang dibantai secara masal sehingga tragedi kemanusiaan ini menimbulkan kecaman masyarakat Internasional. Di Jakarta, tragedi ini segera di ‘peti es’ kan: pemerintahan Suharto menyatakan bahwa pembantaian tersebut adalah kecelakaan yang diprovokasi oleh gerilyawan bersenjata. Pers Indonesia saat itu dibungkam dengan adanya pelarangan pemberitaan secara transparan. Seno Gumira Ajidarma, yang pada saat itu menjabat editor pada majalah Jakarta Jakarta, menolak untuk melakukan hal itu. Tindakan Seno tersebut berakhir dengan pencopotan dirinya dari jabatan yang saat itu sedang dipangkunya.
Merasa tidak mampu memberitakan tragedi kemanusiaan ini kepada sesama warga Indonesia, Seno yang terkenal dengan “Ketika jurnalisme dibungkam, sastra harus bicara”, merubah kesaksian dokumentasinya menjadi semi-fiksi dan menerbitkannya sebagai sebuah novel.

Novel ini adalah sebuah trilogi, terdiri dari tiga buah cerpen yang saling berkaitan satu sama lain. Dua buah serial pertama, yang dapat dikenali dengan mudah oleh para pembaca, adalah: “Jazz” yaitu sebuah tablo yang tampak pada perkembangan jazz; sementara “Parfum” adalah sebuah lukisan kehidupan di kota metropolitan Jakarta; dan “Insiden” yang merupakan sebuah kolase dokumen dari sebuah tragedi bersejarah di Indonesia, diungkapkan dengan menggunakan mazas eufimisme yang mengacu kepada nama yang sama “Insiden (Dili)”.

Pencipta:  Seno Gumira Ajidarma    

Penterjemah:  Gregory Harris

Penerbit: Lontar Foundation

Tempat diterbitkan: Jakarta

URL Penerbit: http://www.lontar.org

ISBN: 978-602-9144-22-2

Dibuat: 2012

Linked data

Lontar Digital Libraryjkpklontar-ldl-10502
National Library of Australia602021
LC Control Number 2004395987
Library Thing 1080240
Open Library BookOL3356119M

Reviews

Reviews from Lontar Digital Library (Under Construction)

Reviews from Goodreads

Reviews from Amazon Books



Last modified: 2013-06-24 13:03:35