Back to browse | Visualization | New search | Cite | Add to list | Ask a librarian/feedback | Help

Gerson Poyk

Gerson Poyk (lahir di Namodale-Baa, 16 Juni 1931; umur 81 tahun) adalah seorang penulis. Dilahirkan di sebuah rumah tak jauh dari mercu suar satu-satunya di Pulau Rote, yang merupakan anak dari Yohannes Laurens Poyk dan Yuliana Manu.
Gerson kecil yang ketika itu telah putus sekolah sejak kelas tiga SD selalu bertugas membantu keluarganya dengan bekerja di kebun. Di sela-sela kegiatan bekerja itulah Gerson yang telah pandai membaca melibas habis buku-buku dari sejumlah karya sastrawan dalam dan luar negeri.
Mulai menulis puisi pada tahun 1950-an, kemudian menyusul prosa-prosanya yang tidak pernah kering hingga saat ini. Pada tahun 1961 cerpennya Mutiara di Tengah Sawah mendapat hadiah dari majalah Sastra. Bersama cerpen Si Keong, cerpen itu dimuat dalam antalogi Cerpen Indonesia Modern dalam bahasa Jerman. Beberapa cerpennya diikutkan dalam antalogi Angkatan 66 susunan H. B. Jassin; Laut Biru Langit Biru himpunan Ajip Rosidi, Jakarta 30 Cerpen Indonesia dan Cerita Pendek Indonesia susunan Satyagraha Hoerip. Selain disalin dalam bahasa Jerman, cerpen Gerson disalin juga ke dalam bahasa Inggris, bahkan ke dalam bahasa Jawa dan Sunda. Cerpen-cerpennya itu dibicarakan secara luas oleh Korrie Layun Rampan dalam Cerita Pendek Indonesia Mutakhir; Sebuah Pembicaraan (Nur Cahaya, 1981).

Wikipedia Read article at Wikipedia

Gender : male

Date of Birth : 16 Juni 1931

Birth Place : Namodale-Baa



Other Works by this Author